Agustus 07, 2010

UMKM Banten Masih Potensial

Pimpinan Wilayah BRI Jakarta III Albert Raja Gukguk menilai, potensi usaha mikro di Indonesia khususnya Banten masih prospektif. Produk tabungan Simpanan Pedesaan (Simpedes) BRI yang selama ini melayani kebutuhan masyarakat kecil, masih disambut antusias.


Pernyataan ini dikemukakan Albert saat Pesta Rakyat Simpedes di Lapangan Sumampir Cilegon, Sabtu (7/8). Kegiatan yang digelar hingga Minggu (8/8) tersebut menghadirkan bazar 50 UMKM binaan BRI di samping pawai, panggung hiburan, pennaman pohon, dan panen penarikan undian Simpedes.

“Pembiayaan usaha mikro di Banten masih potensial dilihat dari peningkatan pembiayaan Kupedes (kredit usaha pedeseaan-red). Pada Desember 2009 tercatat hanya Rp 825 miliar sementara pada Juni 2010 mencapai Rp 958 miliar. Saat ini pembiayaan kupedes jumlah penyaluran maksimal Rp 10 juta,” papar Albert.

Sementara jumlah dana pihak ketiga yang berasal dari Simpedes di BRI se-Provinsi Banten pada Desember 2008, jelas Albert, mencapai Rp 1,23 miliar. Jumlah tersebut terus merangkak naik pada akhir 2009 dengan total Rp 1,344 miliar, sementara pada Juni 2010 jumlahnya semakin meningkat menjadi Rp 1,453 miliar. Albert optimistis, jumlah tersebut terus meningkat karena didukung beragam program terobosan seperti layanan e-banking yakni SMS banking serta penarikan undian Pesta Rakyat Simpedes yang rutin digelar setahun dua kali atau per semester.

“Pesta Rakyat Simpedes di Cilegon ini merupakan puncak kegiatan sembilan kantor cabang di wilayah Jakarta III. Mengundi 1 unit Suzuki APV, 9 unit motor, dan puluhan hadiah lain,” imbuh Albert.

Sebagai penyemarak, dihadirkan pula acara hiburan seperti lomba mewarnai, lomba band, lomba menyanyi Simpedes Idol, pemberian beasiswa untuk 20 orang, sampai menghadirkan artis KDI dan band Wali. Di area bazar, terdapat pula wahana hiburan seperti komidi putar. Pada acara tersebut, hadir pula tamu dari Ethiopia yang terkesan ingin belajar penyaluran kredit mikro dari BRI. Layanan kredit mikro BRI, jelas Albert, cukup dikenal di negara luar hingga diakui Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Pesta Rakyat Simpedes di Lapangan Sumampir Cilegon tersebut, mendapat perhatian khusus dari masyarakat. Selama dua hari kegiatan berlangsung, lokasi kegiatan selalu ramai dipadati pengunjung. (SR)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP