Agustus 06, 2010

UPT Pasar Krangot Cilegon Didemo Pedagang

Puluhan pedagang Pasar Kranggot yang berjualan di sepanjang jalur angkot, Rabu (4/8), menggelar demo di depan kantor UPTD Pasar Kranggot. Mereka meminta Disperindagkop menunda rencana relokasi hingga usai lebaran.


Selain para pedagang emprakan, beberapa di antaranya juga para pemilik kios dan awning yang sebelumnya berada di dalam lokasi pasar. Mereka pindah ke lokasi di jalur angkot lantaran sedikitnya pembeli di dalam pasar.

Aksi yang dimulai sejak pukul 09.30 WIB mendapat pejagaan ketat aparat kepolisian. Tak hanya petugas dari Polres Cilegon, sejumlah keamanan pasar juga tampak berjaga-jaga di sekitar lokasi aksi.

Rencana Disperindagkop memindahkan mereka ke lokasi baru di belakang pasar pun ditolak mentah-mentah. “Di tempat baru nanti kami tidak yakin bisa dapat pembeli. Tempatnya jauh di belakang, sudah begitu tanahnya becek kalau hujan,” kata Umi (40), pedagang ikan asal Bojonegara.

Senada dikatakan Amah (37), pedagang ikan asal Ketileng. “Tempat baru itu belum ada listriknya. Selain itu tempatnya sempit, sulit untuk pedagang sayuran jualan,” ujarnya.

Keluhan juga datang dari Upus (30), pedagang ketupat. “Jika kami kehilangan pelanggan selama puasa, bagaimana kami bisa bayar zakat atau membeli baju lebaran untuk anak-anak?” katanya.

Kepala Bidang Pasar pada Disperindagkop Cilegon Daih Darmawan yang saat itu berada di lokasi aksi langsung menemui pendemo. Ia pun menggelar pertemuan dengan tujuh perwakilan pedagang. “Dari hasil pertemuan tadi, kita sepakat agar pedagang tetap direlokasi Kamis (4/8). Ini lantaran tempat berdagang mereka mengganggu lalu lintas,” tegasnya.

Menurutnya, penertiban ini merupakan ketetapan Pemkot Cilegon menjelang Lebaran. “Sebenarnya Pemkot sudah baik kepada pedagang. Kami telah memberikan mereka lahan baru untuk bisa berjualan. Tapi jika mereka bersikukuh ingin berjualan di tempat terlarang, itu tidak bisa karena melanggar aturan,” ujarnya.(Sobar)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP