Agustus 06, 2010

Kubangsari Jalan Terus, KS-Posco mau bangun pabrik

Kesepakatan kerjasama antara PT Krakatau Steel (KS) dengan Pohang Iron Steel Company (Posco) dalam pembangunan pabrik baja, Rabu (4/8), resmi ditandatangani di kantor Kementerian BUMN, Jakarta.


Penandatanganan kerja sama tersebut disaksikan Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Menteri Perindustrian MS Hidayat, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan. Hadir pula dalam kesempatan itu Walikota Tb Iman Ariyadi.

Dalam perjanjian tersebut, baik PT KS dan Posco bersepakat mendirikan pabrik baja berkapasitas 3 juta ton per tahun dengan nilai investasi US$ 6 miliar.

Walikota Tb Iman Ariyadi berharap kerja sama kedua perusahaan tersebut dapat bersinergi dengan pemerintah daerah. Ini terkait dengan program Pemkot Cilegon yang kini tengah membangun Pelabuhan Kubangsari yang berada tak jauh dari area industri PT KS. “Kita menyam-but baik kerja sama perluasan pabrik ini. Kita berharap, ini dapat bersinergi dengan program Pemkot membangun Pelabuhan Kubangsari,” ungkapnya yang ditemui saat meninjau lokasi kebakaran di Lingkungan Munjul, Bendungan, kemarin.

Seperti diketahui, sebelumnya baik Pemkot maupun KS sempat bersitegang atas kepemilikan lahan Kubangsari. Bahkan, hingga kini BPN belum juga mengeluarkan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) atas lahan yang sebelumnya tercatat sebagai tanah negara tersebut. Ini lantaran lahan Kubangsari hingga kini masih tercatat sebagai aset PT KS. “Bagi kita, pembangunan pelabuhan ini sudah menjadi komitmen pemerintah daerah. Jadi silakan KS dan Posco lakukan perluasan pabrik dan pelabuhan kita jalan terus,” kata Iman.

Ditegaskannya, keberadaan Pelabuhan Kubangsari merupakan potensi besar bagi pembangunan Kota Cilegon. “Pelabuhan ini akan meningkatkan 30 persen pendapatan daerah. Ini yang nantinya membantu kita membiayai program peningkatan mutu pendidikan dan program kesejahteraan masyarakat lainnya,” tegasnya.

Pihaknya mengaku tidak khawatir kerja sama KS-Posco akan berdampak terhadap pembangunan Pelabuhan Kubangsari meskipun HPL atas lahan tersebut belum juga keluar. “Nggak ada masalah, kita terus. Lagipula, kita kan juga punya kewenangan perizinan di daerah,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Walikota Edi Ariadi. “Kubangsari terus dibangun. Itu sudah menjadi komitmen kami. Kalau KS-Posco mau bangun pabrik ya silakan juga,” ujarnya. (Sobar)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP