Juli 22, 2009

Terkait Program Terpadu P2WKSS di Lebak, UPT Pertanian Cikulur Lakukan Pembinaan

Program terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Kabuapten Lebak, Provinsi Banten yang terdapat di dua desa di Kecamatan Cikulur yakni, di Desa Cigoong Utara dan Desa Cigoong Selatan banyak melibatkan beberapa Dinas, salah satunya Dinas Pertanian.

Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, melalui Unit Pelayan Teknis (UPT) Pertanian Kecamatan Cikulur, saat ini sedang gencar melakukan pembinaan di dua desa tersebut. Diantaranya melakukan pembinaan terhadap kelompok Tani Wanita (KTW) Bunga Mekar (Cigoong Utara) dan Kelompok Tani Wanita Nusa Indah (Cigoong Selatan).

Kepala UPT Pertanian Kecamatan Cikulur, Baum Sobandi saat ditemui Banten Ekspose mengatakan, pembentukan kelompok tani wanita tersebut dimotori dalam rangka kegiatan program terpadu P2WKSS, dengan tanggal pendiriannya 21 April 2009. Kedua kelompok tani wanita tersebut, tambah Baum, masing-masing memiliki jumlah anggota 100 orang dan saat ini ini sudah terkumpul modal sebesar Rp. 1 juta.

“Setelah terbentuk, kami secara intens melakukan pembinaan terhadap dua Kelompok tani wanita di dua desa yang menjadi lokasi Program terpadu P2WKSS, masing-masing beranggotakan 100 orang dan saat ini sudah terkumpul penumpukan modal sebesar Rp. 1 juta,” kata Baum.

Kegiatan utama yang dilaksanakan oleh kedua kelompok tani wanita tersebut, jelas Baum, meningkatkan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera, sehingga para anggota termotivasi untuk memperbaiki taraf kehidupan keluarganya, salah satunya dengan memperberdayakan lahan perkarangan menjadi Warung hidup, Bank hidup dan Wahana pembelajaran serta peningkatan pengetahuan dan keterampilam dari keluarga tani.

“Mereka (kelompok tani wanita –red) dituntut mampu untuk berperan aktif memperdayakan lahan pekarangan guna meningkatkan pendapatan ekonomi bagi dirinya sendiri maupun untuk kelompoknya,” tutur Baum.

Sementara itu, Ketua kelompok Tani wanita Bunga Mekar Desa Cigoong Utara, Salma didampingi sekretaris, Iroh dan Bendaraha, Wati saat ditemui Banten Eksposes mengatakan, program terpadu P2WKSS ini sangat cocok. Penerapan pembangunan sangat efektif, membangun keluarga bahagia dan sejahtera melalui penerapan di bidang pertanian amat sangat dirasakan oleh diri sendiri pada khusus dan kelompok pada umumnya.

“Alhamdullilah, dengan adanya Program P2WKSS di desa kami dan terbentuknya kelompok Tani Wanita, sehingga kami tidak kesulitan lagi. Yang tadinya membeli cabai, tomat, ketimun dan kangkung ke pasar, sekarang cukup dari lahan perkarangan,” katanya. (Sudrajat)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP