Juli 22, 2009

SDM Kurang Temuan Muncul

Kepala Inspektorat Kabupaten Serang Ismanto Ismail, menilai masih rendahnya SDM para kepala desa mengakibatkan masih banyak temuan-temuan terutama mengenai Dana Alokasi Perimbangan Desa (ADPD), walaupun temuan tersebut sifatnya Administrasi. Banyak kepala desa belum bisa membedakan antara PPh, PPn dan Pajak. Selain itu, banyak yang belum paham, mana belanja yang kena pajak dan yang tidak kena pajak. Bahkan ada yang mengambil habis dana di rekening.

Untuk itu, Ismanto menghimbau kepada kepala desa yang belum menyelesaikan Administrasi untuk segera diselesaikan, mengingat program ADPD tahun 2009 akan segera berjalan. “Seharusnya, dana bantuan ADPD tersebut disisakan di rekening minimalnya 10 % dari dana ADPD, untuk antisipasi tunggakan pajak,” ujarnya.

Selain itu, dalam belanja langsung kepala desa harus bisa menghindari mana yang kena pajak dan mana yang tidak kena pajak. Apabila sudah dapat membedakan semua itu para kepala desa dapat dengan mudah untuk menyelesaikan secara administrasi. Bila bantuan ADPD sudah berjalan, kepala desa tidak semestinya mengambil semua uang yang ada. Meraka harus menyisakana direkening masing-masing kepala desa minimal 10 % maksimal 15 %.

“Apabila kepala desa masih ada tunggakan pajak kepala desa dapat mengambilnya dari rekening untuk menutupi pajak, agar dalam proses penyelesaian administrasi dapat selesai dengan baik,” pungkasnya. (Nurhasan)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP