Juli 22, 2009

Keuletan dan Kejujuran, Kunci keberhasilan mengurus Koperasi


Koperasi merupakan wadah pengembangan usaha yang layang didukung, karena koperasi merupakan badan usaha dari anggota dan untuk anggota. Hampir di setiap Dinas, Badan, Kantor, Lembaga mempunyai Koperasi, salah satunya Primer Koperasi Kepolisian Gakuba Polres Pandeglang.

Salah satu point Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang belum lama berlangsung, terpilih Iptu Pupu Syaripudin SH, sebagai ketua koperasi, yang kesehariannya bertugas sebagai Kanit P3D.

Saat disambangi Banten Ekspose di ruang kerjanya, Pupu mengatakan, jabatan sebagai ketua mempunyai tugas yang berat sekali, harus mengemban kepercayaan dari jumlah anggota sekitar 700 anggota. “Artinya, dalam mengambil suatu keputusan harus dimusyawarahkan terlebih dahulu, sehingga apa yang akan dilaksanakan semua pengurus mengetahuinya. Baik itu pinjaman anggota, pengambilan perumahan anggota, serta yang lainnya,” terangnya.

Dengan demikian kepercayaan merupakan nomor satu dalam kepemimpinan koperasi. Selain itu keuletan, kejujuran, juga menjadi faktor yang saling mengikat, dan dengan demikian koperasi akan tetap berjalan.

“Koperasi Kepolisian berbeda dengan koperasi yang lain yang ada di masyarakat. Dimana, setiap pinjaman anggota akan dipotong dari gaji anggota. Jumlah pinjaman diatur dalam aturan yang ada, yaitu 1/3 dari simpanan anggota,” lanjutnya.

Sementara itu, bendahara Koperasi Bripka Santoso menambahkan, untuk meningkatkan kepercayaan anggota setiap tahun diadakan rapat pengurus untuk mengetahui besaran anggaran yang telah masuk. Baik itu anggaran dari simpanan wajib, simpanan sukarela, atau pinjaman anggota berikut bunga. Dengan demikian, semua anggota akan percaya atas kepengurusan yang diembannya. Demikian juga dengan hasil yang didapat dari simpan pinjam atau usaha yang lain seperti minimarket.

Menurut Santoso, menjadi Bendahara adalah tugas yang sangat berat. Sejak tahun 1985 menjadi bendara di Primkopol Gakuba, dan alhamdulillah semua pengurus masih mempercayainya.

“Betul yang dikatakan ketua, semuanya itu harus bermula dari kesiapan memegang kepercayaan yang diemban, kejujuran, keuletan. Selain itu, kita juga perlu memegang teguh, yaitu tidak beraninya menggunakan uang orang lain, dan sampai saat ini kerecayaan itu masih ada,” sambungnya.

Sebagai lembaga Koperasi yang patuh dan tunduk pada ketentuan UU Perkoperasian, Primkoppol Gakuba Polres Pandeglang, selalu mengundang instansi/lembaga terkait. “Setiap musyawarah, pengurus selalu mengundang semua lembaga yang terkait, baik itu Dekopinda, Dinas Koperasi sehingga laporan pengurus dapat diketahui oleh yang lain. Dan bila ada sesuatu kesalahan dapat di pertanggungjawabkan,” pungkasnya. (Sofyan)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP