Juli 22, 2009

Reforma Agraria Dinanti Warga

Desa Cibungur Kec. Sukaresmi memiliki letak wilayah yang stategis, di ruas jalan Simpang Labuan-Panimbang, sehingga akan lebih cepat berkembang dari desa di sekitarnya. Namun potensi tersebut, tidak sepehunya ditunjang dengan keberadaan status tanah yang mempunyai sertifikat. Sehingga tidak dapat mendorong bagi peningkatan pajak bumi dan bangunan.

Menurut H Pendi, adanya Program Reforma Agraria sangat menunjang bagi masyarakat Desa Cibungur. Pasalnya, masyarakat Desa Cibungur hampir 80% belum tanahnya belum memiliki sertifikat, sehingga sangat riskan dalam sengketa tanah. Pada program reforma agraria tahun ini mendapat 200 buku, yang diperuntukkan bagi masyarakat dengan pembagian rata perkampung 10 buku.

“Dengan adanya reforma agraria ini sangat membantu sekali bagi pembenahan pertanahan di Desa Cibungur. Artinya, masyarakat terasa terbantu untuk memiliki sertifikat tanah sebagai bukti kepemilikan yang sah. Tidak hanya itu program reforma juga memberikan manfaat bagi pembenahan tanah di desa, semakin banyak masyarakat yang telah memikili sertifikat tanah semakin terbantu administrasi desa atau kecamatan tentang tanah,” Ujar H pendi.

Sementara itu, Kepala Desa Cibungur Diah Padilah saat diminta keterangan seputar kegiatan reforma agraria mengatakan, sangat berterima kasih kepada BPN yang telah menunjuk Desa Cibungur sebagai salah satu desa yang mendapatkan program tersebut.

“Pelaksanaan kegiatan sepenuhnya diserahkan kepada panitia kegiatan. Mudah-mudahan tidak ada kendala apaun baik dalam pengukuran, atau dalam pembuatan laporan. Sehingga setelah jadi sertifikat, tidak ada masyarakat yang komplen dengan hasil pengukuran yang dilakukan panitia,” terangnya singkat. (Sofyan)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP