Agustus 25, 2009

Tidak Ada PJU, Kecamatan Cibeber 'Kegelapan'

Akibat tidak adanya penerangan jalan umum (PJU), sepanjang jalan menuju pusat pemerintahan Kecamatan Cibeber yakni di Jalan Cikotok-Warung Banten menjadi gelap mencekam bak kuburan.

Pasalnya, disepanjang jalan tersebut nyaris tidak ada satupun lampu PJU yang menerangi. Banyak warga yang mulai was-was jika melintas dijalur tersebut. Karena khawatir bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Padahal menurut warga jalur tersebut merupakan jalan utama menuju pusat pusat pemerintahan yang banyak dilintasi oleh kendaraan. Tetapi kenapa dibiarkan 'gelap gulita'. Sehingga hal ini bisa saja mengundang tindakan kriminalitas.

"Setahu kami jalan-jalan utama di Kecamatan lain selalu ada PJU nya," kata Warga Cikotok Tb. Endin.

Masih kata Endin, kondisi ini sebenarnya sudah berlangsung cukup lama dan dikhawatirkan akan mengundang tindakan kriminalitas. Selain itu, Cibeber juga terkesan seperti sebuah kota Mati karena kurangnya penerangan dijalan-jalan utama.

"Kalau malam hari Cibeber ini persis seperti kota mati, karena warga juga enggan beraktivitas dengan keadaan seperti ini," ujarnya.

Sementara Camat Cibeber Uus Sutisna membenarkan jika di sepanjang jalur tersebut tidak ada satupun PJU yang mnerangi. Uus juga meminta kepada Pemkab Lebak untuk memasang Penerangan Jalan Umum (PJU)di sejumlah sarana umum di Kecamatan Cibeber. Pasalnya, jika tidak ada penerangan listrik khawatir akan mengundang tindakan kriminalitas serta mengurangi tingkat kecelakaan.

"Selain itu, biar Kecamatan Cibeber agar lebih terlihat terang karena selama ini pusat Pemerintahan Cibeber minim Lampu PJU sehingga jika malam hari terlihat seperti kuburan," katanya.

Menurut Uus, sedikitnya ada 20 titik yang perlu mendapatkan PJU terutama di jalur menuju pusat pemerintahan Kecamatan Cibeber yaitu disepanjang jalan Cikotok-Warung Banten. Pasalnya dijalur tersebut nyaris tidak ada satupun PJU yang berdiri.

"Saya khawatir, keadaan ini (gelap gulita, Red) dapat mengundang tindakan kriminalitas seperti pembegalan kendaraan roda 2," ujarnya.

Uus mengaku kerap didatangi warga yang meminta agar disepanjang jalur tersebut dipasangi PJU.

"Di Kabupaten Lebak saya rasa hanya Kecamatan Cibeber yang masih 'gelap gulita' alias tak memiliki PJU," tandasnya. (Yudha_Banten EKspose)

2 komentar:

sbmtelecomunication 20 November 2009 pukul 17.05  

masalah penerangan jalan umum memang sangat komplek. krn di balik itu ada permainan PLN dan birokrat.... mau irit dan mudah GAMPANG!!!!!

Saeroji Aghazaly 3 April 2010 pukul 10.40  

Ya, perlu pengawasan smua lapisan masyarakat.

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP