Agustus 25, 2009

SMPN 3 Rangka Raih Predikat Model Sekolah Sehat Nasional

Setelah dua tahun berturut-turut, 2008 dan 2009 meraih juara I piala Adiloka (Sekolah berwawasan lingkungan) tingkat SLTP se-kabupaten Lebak. Kini Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Rangkasbitung, Lebak meraih predikat Model Sekolah Sehat Nasional se-Provinsi Banten tahun 2009 yang ditetapkan Pusat Jasmani dan Kesehatan, Departemen Pendidikan Nasional (Pusjaskes Depdiknas).

“Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Rangkasbitung ini adalah satu-satunya sekolah yang memiliki predikat Model Sekolah Sehat Nasionak (MSSN) di provinsi Banten,” ujar H. Nurjaya S.Pd, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Rangkasbitung, Lebak.

Dikatakannya, predikat MSSN yang diraih SMP Negeri 3 ini karena telah memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan Depdiknas, yaitu diantaranya lingkungan sekolah yang bersih, tiap satu kelas punya satu WC dan sekeliling sekolah harus berpagar.

SMPN 3 Rangkasbitung berdiri di lahan seluas 10.500 m3 ini, bisa dikatakan mempunyai sarana dan prasarana yang lengkap. Selain Ruang Kegiatan Belajar (RKB) yang berjumlah 19 unit, juga dilengkapi ruang-ruang lainnya, diantaranya lab komputer, lab IPA, lab bahasa, perpustakaan, ruang tata boga/workshop, ruang multi media, UKS, ruang BP dan mesjid. Sedangkan untuk kegiatan olah raga peserta didik, sudah ada lapangan, yaitu lapangan volley ball, basket, bulu tangkis dan tennis meja. Serta untuk pera peserta didik yang ingin jajan tidak perlu keluar sekolah karena sudah ada kantin “SEHAT” didalam lingkungan sekolah.

Untuk Tahun Ajaran (TA) 2009/2010 SMP Negeri 3 Rangkasbitung direncanakan hanya akan menerima 240 siswa baru sesuai dengan RKB yang ada atau 6 unit/kelas. Tapi kenyataannya yang mendaftar melebihi yaitu mencapai 316 calon siswa baru. “Untuk mensukseskan Wajardikdas, akhirnya calon siswa baru yang mendaftar semuanya diterima dengan konsekuensi ruang lab IPA untuk sementara dijadikan RKB. Sehingga jumlah siswa Tahun Ajaran (TA) 2009/2010 dari kelas 1 s/d kelas 3 adalah 771 orang siswa,” ungkap Nurjaya.

Sementara untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik/guru, 7 orang tenaga pendidik sedang mengikuti jenjang pendidikan S1. Sisanya yang berjumlah 25 tenaga pendidik sudah bergelar sarjana. Selain tenaga pendidik, ada juga tenaga pendidikan/tata usaha (TU), tenaga satuan pengaman dan tenaga kebersihan.

Dalam hal prestasi, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Rangkasbitung tidak bisa dipandang sebelah mata, hal ini bisa dilihat dari banyaknya piala-piala yang diraih berjejer rapi di dalam lemari kaca yang berada di ruang tamu kepala sekolah.

Di tahun 2009 ini saja, sampai dengan bulan Juni, prestasi yang diraih diantaranya; Juara I Adiloka tingkat kabupaten Lebak, Juara I Karya Ilmiah Remaja (KIR) tingkat kabupaten Lebak, Juara Umum lomba Palang Merah Remaja (PMR) dan Juara I lomba Renang. Sedangkan untuk lomba penulisan Cerpen dan Melukis meraih Runner Up. Walaupun sudah banyak prestasi yang diraih tersebut, SMP Negeri 3 tidak berpuas diri dan bertekad untuk terus meningkatkan prestasi, baik itu prestasi di bidang akademik , bidang olahraga maupun bidang lainnya.

“Kedepan diharapkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Rangkasbitung ini bisa lebih baik dari sekarang dan terus meningkat lagi. Setelah menjadi Rintisan Sekolah Standar Nasional, tahun 2010 diharapkan sudah menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN) dan pada tahun 2015 menjadi Sekolah Berbasis Internasional (SBI), kemudian selanjutnya menjadi sekolah favorit dan terbaik di kabupaten Lebak,” paparnya

Dikatakan, untuk mencapai tujuan tersebut ada kiat-kiat yang harus ditempuh diantaranya; semua tenaga pendidik/guru harus mempunyai laptop, melengkapi guru bidang studi/ mata pelajaran tertentu yaitu matematika, TIK, bahasa Inggris dan kesenian, meningkatkan kualitas dan kemampuan tenaga pendidik melalui pelatihan, training, seminar dan workshop pendidikan serta melengkapi sarana dan prasarana terutama laboratorium Tekhnologi Informasi.

“Mudah-mudahan dengan peningkatan kualitas dan kemampuan tenaga pendidik dan kelengkapan sarana dan prasarana serta tekad yang kuat tujuan yang hendak dicapai dapat terwujud,” harapnya. (Rustandar_Banten Ekspose)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP