Agustus 25, 2009

Saluran Air Kecil, Jalan Nasional Sering Banjir


Akibat kecilnya lubang saluran pembawa (gorong-gorong, red) kali kangkung, hampir setiap musim hujan tiba jalan nasional di depan Dealer Mitshubisi Cilegon sering banjir.

"Saat air hujan meluap di hulu kali kangkung tidak bisa tertampung saluran pembawa, sehingga air hujan meluap ke jalan, akibatnya jalan nasional sering banjir. Bila mana tidak ada perbaikan saluran pembawa oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Banten, maka banjir akan terus menerus terjadi," terang Kasi Pemeliharaan pengairan Dinas Pekerjaan Umum Kota Cilegon H. A Rokhman, SE.

H. Rokhman berharap, Dinas Bina Marga Provinsi Banten dapat memperbaiki saluran pembawa kali kangkung yang berada di jalan nasional, sehingga arus kendaraan yang melintas di depan dealer Mitshubisi pada saat musim hujan tidak terganggu. Dengan ditinggikannya jalan jalan nasional ini, berarti saluran pembawa akan luas, sehingga saat musim hujan air meluap tidak akan lagi meluap ke jalan.

Bahrudin kasie pembangunan Bidang pengairan menambahkan, Balai Besar Ciujung, Cidanau, Ciliman Provinsi Banten sepenuhnya menangani Irigasi Di Ciujung yang melintas Kota Cilegon. Yakni irigasi PCI sampai Panggung rawi, sementara itu yang telah di laksanakan baru mencapai perbatasan Kota Cilegon dengan Kabupaten Serang tepatnya di sekitar Kecamatan Kramatwatu. Belum tuntasnya pengerukan lumpur yang dilakukan Balai Besar tersebut, air yang mengalir di saluran irigasi Di Ciujung ini belum sepenuhnya dapat di manfaatkan oleh petani Kota Cilegon, sehingga sawah yang seharusnya dapat mengahsilkan dua musim panen sekarang ini hanya satu kali.

Bahrudin berharap kepada Balai Besar Ciujung, Cidanau, Cidurian untuk segera melakukan pengerukan lumpur lanjutan, sehingga para petani penmakai air dapat menikmati hasil yang maksimal."Karena saluran irigasi yang melintasi PCI sampai panggung rawi ini dapat mengairi areal sawah kurang lebih 50 Ha, tidak hanya itu dengan adanya pengerukan saluran irigasi juga akan mengurangi luapan air hujan," tegasnya. (Deden_Banten Ekspose)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP