Mei 04, 2010

Erna Erwan Kurtubi Resmikan Sekolah Lapang Terpadu


Ketua TP-PKK Kabupaten Pandeglang H.Siti Erna Erwan Kurtubi, membuka kegiatan Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) yang dilaksanakan di Desa Banjar Kecamatan Banjar pada hari Rabu (28/04). Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Cahyan Sopyadi, Camat Banjar Dadan Saladin, Tokoh masyarakat dan para alim ulama kecamatan Banjar, para Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan, para Kepala Desa se-Kecamatan Banjar dan anggota kelompok tani.

Dikatakan Erna, pelaksanaan Sekolah Lapangan Tanaman Terpadu di Kecamatan Banjar ini, dilaksanakan di 40 Kelompok Tani, yang tersebar di 11 Desa dengan luas areal 1000 hektar. Adapun dalam pelaksanaan SL-PTT ini, petani disamping mendapatkan bantuan benih juga dilaksanakan Peningkatan Wawasan Pengetahuan dan Keterampilan dalam Budidaya padi sawah dalam rangka peningkatan peroduktivitas padi sawah 5% pertahun.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Cahyan Sopyadi dalam sambutannya mengatakan, “Pada tahun 2010 direncanakan sasaran indikatif tanam untuk padi sawah dan ladang naik 1,89% dari sasaran tahun 2009.Namun dari informasi yang kami terima dari BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika) secara umum, bahwa pada musim tanam 2010, kita akan mengalami pergeseran musim hujan 1-2 Dasarian (Dampak EL-NINO) sehingga musim tanam pun akan bergeser, tetapi untuk wilayah Pandeglang dampaknya tidak akan signifikan, tetapi tetap para petugas pertanian dan petani harus mengantisipasi sehingga program peningkatan ketahanan pangan di Kabupaten Pandeglang dapat dipertahankan,” ujarnya.

Ketua TP-PKK Kabupaten Pandeglang H.Siti Erna Erwan Kurtubi menegaskan bahwa kehadiran Kelompok Tani atau Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) bagi petani sangat dirasakan perannya, karena dengan kehadiran kelompok-kelompok itu Petani akan dapat dan mampu meningkatkan produksi pertaniannya dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Pandeglang.

“Dengan peningkatan kemampuan petani dalam mengolah pertaniannya, diharapkan akan terwujud Desa Mandiri Pangan di Kabupaten Pandeglang. Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang saat ini sedang mengkaji dan menelaah keberadaan Badan Penyuluh Pertanian, sehingga para Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan dapat bekerja secara maksimal,” lanjut Erna

Diakhir acara Hj.Siti Erna Erwan Kurtubi menyerahkan bantuan benih Padi yang secera simbolis diserahkan kepada 5 orang Ketua Kelompok Tani, diantaranya : Samsudin Ketua Kelompok Tani Itikurih Desa Banjar, H. Basuni Ketua Kelompok Tani Simpati Desa Kadulimus, M.Isa Ketua Kelompok Tani Mekar Daya desa Pasirawi, Owan Ketua Kelompok Tani Subur Makmur Desa Kadubale dan Karna Ketua Kelompok Tani Ranca Piit Desa Kadumaneuh. Acara ini diakhiri dengan penampilan group kesenian Qasidah KWT. ELHAWA Desa Banjar. (***)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP