April 20, 2010

Salah Satu Korban Warga Serang, Pesawat Latih Hantam Motor

Pesawat latih jenis Tobago (TB) 10 menghantam sepeda motor di landasan pacu (runway) Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Kab. Tangerang, Senin (19/4) sekitar pukul 10.00 WIB. Akibatnya, dua pengendara sepeda motor tewas di tempat kejadian.

Kedua korban tewas tersebut adalah Yopi Hermawan (17), warga Kemuning RT 04/RW 01 Curug, dan Hajumar (28), warga Kp. Rau Timur, Kec. Cimuncang, Serang.

Korban Yopi merupakan pelajar kelas 1 SMK Bhakti Anindya Kota Tangerang. Sedangkan korban Hajumar adalah karyawan Alfamart Legok 2. Saat kejadian, sepeda motor yang dikendarai korban nyelonong melintasi landasan pacu.

Sementara dua kru pesawat latih milik STPI Curug masih dalam kondisi kritis di Rumah Sakit Siloam, Karawaci. Mereka adalah Teja Ariputra (23), instruktur penerbang, dan Sephazka Abdillah (19), taruna terbang.

Wakil Direktur Medik RS Siloam, dr. Mangantar Marpaung mengatakan, kondisi kedua kru pesawat masih kritis dan tidak sadarkan diri. "Korban satunya mengalami luka serius di bagian kepala, dan satunya lagi di bagian kaki," katanya sambil menambahkan, kedua kru pesawat sudah dioperasi dan kini menjalani perawatan intensif.

Menurut anggota Tim Investigator Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Kementerian Perhubungan, Sulaiman Dayan Lasmana di RS Siloam Karawaci, pesawat latih jenis TB 10 ini merupakan keluaran 2003. Pada insiden tersebut, pesawat latih yang mereka tumpangi terbang di sekitar STPI dengan ketinggian 1.500-3.000 kaki.

"Saat pesawat di ketinggian 300 kaki, sepeda motor yang dikendarai Yopi dan Hajumar melintas. Pesawat kemudian menabrak motor dan keduanya terjatuh," ujar Sulaiman.

Berlatih

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Tangerang, Kompol Arif Setiawan menjelaskan, kecelakaan itu terjadi saat siswa penerbangan STPI Curug sedang berlatih terbang.

Ia mengatakan, dua korban yang tewas, yaitu Yopi dan Hajumar langsung dibawa ke kamar jenazah RSUD Tangerang untuk diautopsi. Yopi yang merupakan siswa SMK Bhakti Anindya Kampus Lepisi di Jln. Merdeka Kota Tangerang, saat kejadian mengendarai sepeda motor Honda Vario B 3924-NDQ milik kakaknya, Puji Lestari. "Dia membonceng Hajumar dan melintas di runway selatan Bandara Budiarto, STP Curug," katanya.

Kurang perhatian

Sementara itu, suasana duka tampak di RSUD Tangerang. Isak tangis keluarga dan kawan Yopi tidak tertahankan di kamar jenazah rumah sakit tersebut.

Kakak ipar Yopi Hermawan, Udin Samsudin (42) mengatakan, keluarga kaget karena malamnya Yopi menginap di rumahnya di Jalan Raya PLP Curug, Kp. Candu, Desa Serdang Wetan, Curug.

Samsudin mengaku, pihak keluarga menyesalkan pihak sekolah penerbangan yang kurang bertanggung jawab, sehingga menyebabkan pelajar kelas I SMK Bhakti Anindya Kota Tangerang itu tewas ditabrak pesawat latih STPI Curug. (BE_YAT)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP