Februari 26, 2011

Serangan Hama, Produksi Padi Diprediksi Turun

Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Serang memprediksikan panen padi kali ini mengalami penurunan. Hal tersebut, disinyalir selain karena kondisi cuaca yang kurang mendukung, serangan hama padi yang terjadi beberapa waktu terakhir, membuat tanaman padi mengalami penurunan produksi.

Menurut Ketua KTNA Kabupaten Serang Subagyo, diperkirakan, hasil panen padi kali ini mengalami penurunan hingga 3 sampai 4 ton saja per hektare. Hal itu bukan tanpa sebab. Serangan hama dan kondis cuaca yang kurang baik beberapa waktu lalu sangat berpengaruh terhadap penurunan produksi padi kali ini.


“Panen kita prediksikan mulai Maret dan berdasarkan hasil pantauan di lapangan, kondisinya agak cukup mengkhawatirkan,” kata Subagyo.


Padahal, pada panen sebelumnya para petani cukup meraup untung karena produksi padi mereka cukup baik. “Faktor cuaca ini memang sangat berpengaruh pada hasil pertanian. Namun, kali ini serangan hama juga berimbas pada penurunan produksi,” urainya.

Sementara itu, para petani di Desa Kemanisan, Kecamatan Tirtayasa, mengeluhkan kondisi sawah mereka yang di serang berbagai macam hama sejak sebulan terakhir.

Samroji (47), salah seorang warga Desa Kemanisan yang sawahnya diserang hama, mengatakan selain masalah hama membuat tanaman padi mereka mengalami penurunan kualitas, para petani juga harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membeli pestisida. (*^*)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP