Juli 12, 2009

Antisipasi Rawan Air Bawah Tanah, Dinas LH Cilegon Bangun Bio Borig

Kota Cilegon merupakan salah satu Kota yang ada di Provinsi Banten yang pertumbuhannya cukup pesat, baik dalam pembanguna non fisik maupun peningkatan inprastuktur jalan. Kondisi tersebut dengan sendirinya akan berpengaruh juga kepada ketersediaanya air bawah tanah.

Menurut Ir Areto Ahmed, akibat banyaknya tanah yang tertutup oleh semen atau aspal mengakibatkan kurangnya serapan air hujan. Sehingga air hujan tidak terserap oleh tanah dan langsung terbawa ke sungai. “Bila ini dibiarkan terus menurus akan berakibat terhadap ketersediaan air bawah tanah akan berkurang,” terang Ir Areto Ahmed Kepada Banten Ekspose belum lama ini.

Untuk menanggulangi kerawanan air bawah tanah, Dinas Lingkungan Hidup membuat Sumur resapan (SR) dan Resapan Bio Borig. “Sumur Rrsapan pada tahun ini akan dibangun sebanyak 50 titik di tujuh kelurahan, yang di danai dari DAK. Sedangkan Resapan Bio Borig dibuat 1336 titik. Untuk Sumur resapan dibangun di sekolah-sekolah, sedangkan bio borig dibangun di perkantoran,” tuturnya.

Areto juga memaparkan, bahwa sumur resapan dan resapan bio borig dimaksudkan untuk mengurangi kerawanan air bawah tanah. Sehingga air hujan akan terserap oleh tanah dan tidak semuanya terbawa ke kali. Semakin banyaknya SR dan Resapan ini akan mengurangi kerawanan air bawah tanah, apa lagi Kota Cilegon pertumbuhan pembangunan cukup pesat dan pertmbahan penduduk makin padat.

“Ini akan memerlukan air yang cukup banyak, dan bila tidak di antisipasi dari sekarang permasalan air akan serius,” tegasnya.

Areto berharap kepada semua pengembang baik itu perumahan, Kavling, atau perusahaan, pertokoan serta masyarakat, bila membuat bengunan baru memperhatikan atau membuat sumur resapan atau resapan bio borig. “Bila ini menjadi tanggung jawab bersama insya allah kerawanan air bawah tanah akan tetatasi,” harapnya. (Sofyan_BANTEN EKSPOSE)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP