Juli 12, 2009

Antisipasi Banjir, PU Cilegon Genjot Normalisasi Saluran

Guna mengantisipasi banjir, Dinas Pekerjaan Umum Kota Cilegon terus berupaya melakukan perbaikan saluran irigasi.

Kepala Bidang Pengairan PU Kota Cilegon H Mulyanto, SE mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum Kota Cilegon saat ini sedang melakukan perbaikan irigasi dan pengerukan Lumpur guna mengantisipasi terjadinya banjir pada tahun ini. Diantaranya perbaikan lajutan kali medaksa, Kali Semampir, Kali Cibeber, Kali Darmakusuma, Kali Bapang, Kali Mitsubishi dan saluran Taran Raga. Dengan diperbaikinya bebarapa saluran kali ini diharapkan akan mengurangi bahaya banjir pada musim penghujan tahun ini.

“Untuk perbaikan Kali Medaksa sudah mencapai tahap 6, mudah-mudahan tahun ini akan selesai. Karena Kali ini merupakan yang terpanjang dari semua kali yang ada di Kota Cilegon, di samping itu pengerjaanya juga sangat rumit, artinya ada beberapa belokan kali yang di buat lurus. Sehingga akan mengurangi terjangan air yang deras, bila di biarkan terus berbelok otomatis terjangan air akan lebih tinggi,” ujar H Mulyanto sambil memperlihatkan gambar.

Masih menurut Mulyanto, selain perbaikan kali, ada pula perngerukan drainase jalan Tirtayasa, serta jalan yang lainnya. Ini di lakukan untuk normalisasi air dari sampah dan Lumpur, sehingga pada saat musim hujan tidak akan ada lagi pengumbatan drainase oleh sampah.

Oleh sebab itu H Mulyanto berharap kepada semua masyarakat Kota Cilegon serta pengguna jalan, atau pedagang untuk tidak membuang sampah pada kali atau drainase, karena akan mengakibatkan bahaya banjir. “Bila terjadi banjir semua akan merugi,” pungkasnya. (Sofyan_Banten Ekspose)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP