Agustus 20, 2010

Biarkan Guru Berinovasi dan Berkreasi

Potensi dan bakat siswa akan semakin berhasil optimal bila mendapat sentuhan pembinaan dari para guru. Untuk dapat mencapai keberhasilan dalam implementasinya diperlukan kesepahan dan keseragaman bahan ajar.

“Kami berupaya membuat standar bahan ajar melalui jalur musyawarah guru mata pelajaran (MGMP),” kata , Kepala SMP Negeri 2 Cikupa, Mardiana Amin.

Langkah tersebut, kata Mardiana, akan menjadikan guru mata pelajaran semakin inovatif dan kreatif dalam melaksanakan aktivitasnya. Selain itu, masih menurutnya, seorang guru juga akan semakin meningkat kemampuannya dalam menganalisa soal tes ujian, karena disesuaikan dengan bahan ajar yang telah dirancang.

“Tentunya dengan tetap berpatokan kepada kurikulum,” tegas Samin, sapaan akrab Mardiana.

Keinginan untuk mengoptimalkan peran guru mata pelajaran disambut gembira para guru. Bahkan,telah pula disepakati sekretariat masing-masing guru mata pelajaran. “Pola itu membuat dinamis sebuah kegiatan,” ujar seorang guru yang enggan menyebutkan identitasnya.

Bila guru diberi tantangan dan kesempatan,menurutnya,akan menumbuhkan keyakinan peningkatan mutu pendidikan segera terealisasi. Sebab,dia menambahkan,dengan cakap membuat analisa soal tes yang disesuaikan dengan bahan ajar akan sangat membantu siswa dalam mencapai daya serap kurikulum.

“Berikan kebebasan untuk berinovasi dan berkreasi dalam membuat bahan ajar dan menganalisa soal tes,” cetusnya. (Yat)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP