Agustus 26, 2010

Dodol Ny. Fang Diproduksi Sejak 50 Tahun Lalu

Usaha kecil menengah produksi dodol yang dikelola keluarga Fang di lingkungan RT 03/02 Karang Sari, Kecamatan Neglasari, ternyata telah dilakukan sejak tahun 1960-an. “Ini usaha ibu saya sejak saya masih kecil dulu,” kata Kwee Buk Sui, anak Ny. Fang yang masih meneruskan usaha dodol merek Ny. Fang

Dikisahkannya sekitar tahun 1955 dia dan keluarganya pindah dari Rangkasbitung ke tempatnya sekarang. Beberapa tahun kemudian memulai usaha dodol tersebut. Kini kakek yang telah memiliki banyak cucu tersebut masih tetap memproduksi usaha rumahan warisan keluarganya itu. “Selama masih ada yang pesan, ya tetap dibuatkan…”

Sekarang dia memproduksi dodol bermerek Ny. Fang tidak sebanyak dahulu, saat orang tuanya masih hidup. Kini diproduksi rata-rata per bulan 34 kuali atau setara 120 kg. “Produksinya sesuai pesanan, paling tinggi pas menyambut hari raya, produksi saya sampai 6 kuali bulan itu."

Tetangga dan warga sekitar adalah pelanggan utama dodol buatannya tersebut, mereka mengakui keunggulan dodol Ny. Fang dibandingkan dodol lainnya, adalah tidak lengket ketika diiris atau dipotong. “Jadi dikunyahnya juga enak,” kata salah seorang pelanggannya.

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP