Juni 17, 2010

Dinkop Lebak Gelar Diklat Akuntansi Koperasi

Tidak kurang 60 pengurus koperasi dari 28 kecamatan di Lebak, mengikuti pelatihan akuntansi koperasi, yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Lebak di bertempat di Aula Koperasi Bangkit, Rangkasbitung.


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Virgojanti mengatakan, peserta pelatihan diambil dari pengurus koperasi yang baru berdiri. Tujuannya, meningkatkan kemampuan pengurus koperasi dalam mengelola keuangan, sehingga dapat meminimalisasi terjadinya kesalahan dalam pengelolaan keuangan koperasi. Karena itu, para pengurus koperasi diminta serius dan memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

“Kami ingin koperasi yang baru berdiri mempunyai kemampuan akuntansi koperasi dengan baik. Sehingga, mereka mampu mengelola keuangan koperasi secara profesional dan akuntabel,” kata Virgo di sela-sela pembukaan pelatihan akuntansi koperasi, Rabu (16/6).

Menurutnya, pelatihan ini merupakan program tahunan Dinas Koperasi. Virgo sadar, tidak semua bendahara atau pengurus koperasi yang mengelola keuangan, punya kemahiran baik dalam hal akuntansi. Karena itu, program pelatihan dan pembinaan terhadap koperasi terus dilakukan agar lembaga usaha ini kuat secara kelembagaan dan organisasi. Jika itu dapat dilakukan, tidak mustahil koperasi menjadi sokoguru perekonomian masyarakat.

“Kami optimistis kebangkitan koperasi akan berkontribusi besar pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Asda II Robert Chandra mengatakan, koperasi telah menjadi bagian penting dalam pembangunan perekonomian masyarakat Lebak. Selama ini, kata dia, peran dan fungsi koperasi belum dijalankan secara optimal, karenanya dinas terkait harus terus mendorong peningkatan kualitas koperasi.

Harapannya, koperasi dan UKM dapat menjadi solusi dalam menuntaskan angka kemiskinan di bumi Multatuli. “Kami yakin, koperasi dapat memberi kesejahteraan dan kemakmuran bagi warga Lebak. Untuk itu, mari kita dorong bersama agar lembaga usaha yang satu ini dapat eksis dan memberi kontribusi terhadap kemajuan daerah,” ujarnya.

Ditemui di ruang kerjanya, Ketua Komisi C DPRD Lebak Rubama mengapresiasi upaya Dinas Koperasi dan UKM dalam meningkatkan kualitas SDM pengurus koperasi. Setelah itu, ungkapnya, koperasi di Lebak diharapkan mampu menggali potensi ekonomi. (RAS)

0 komentar:

suara anda:

ShoutMix chat widget

Pengunjung Ke:

Pengikut

Lorem Ipsum


  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP